Mengenai Saya

Foto saya
BOJONEGORO, JAWA TIMUR, Indonesia
KPRI SEJAHTERA DEPPEN adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia yg didirikan dilingkungan Instansi, awalnya nama instansi Kantor Departemen Penerangan Kabupaten Bojonegoro yg kemudian diera Otoda nama instansi berubah menjadi Dinas Infokom dan sekarang berubah Dinas Kominfo. Sebagai Anggotanya adalah para Pegawai dilingkungan Instansi dan termasuk para purnakaryawan, dan pegawai di instansi yang terkait sesuai ketentuan Anggaran Dasar yg tertuang dalam akta pendirian. BADAN HUKUM NO. 5640/BH/II/1984 TGL 13 SEPTEMBER 1996, setelah mengalami Akta Perubahan. Alamat Jl. Jenderal A. Yani no. 4 Telp. 0353-881454.E mail : kprisejahteradeppen@gmail.com

Rabu, 29 Januari 2014

LAPORAN PENGAWAS TAHUN BUKU 2013



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala karena atas berkat limpahan Rahmat, Taufiq serta Hidayah-Nya pada hari ini kita dapat menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan sebagai forum penyampaian laporan pertanggung jawaban pengurus maupun pengawas dalam melaksanakan tugasnya selama Tahun Buku 2013.
Laporan Pengawas ini merupakan bentuk pertanggungjawaban dalam mengemban tugas  kepengawasan sebagaimana yang telah menjadi amanat dan mandat yang diberikan oleh Rapat Anggota selaku pemegang kekuasaan tertinggi serta sebagai pemilik dan pengguna jasa dalam kehidupan berkoperasi.
Laporan ini disusun secara singkat, berpedoman pada ketentuan yang ada, dengan rincian sistimatika meliputi :
a. Bidang Organisasi
b. Bidang Administrasi
c. Bidang Usaha
d. Bidang Keuangan
Adapun laporan ini disusun secara singkat dan pada dasarnya sebagai pelengkap dari apa yang dipertanggungjawabkan oleh pengurus dalam laporan pertanggungjawabannya. Dan juga sebagai bentuk korektif dan evaluasi atas kinerja pengurus dalam mengembangkan dan memajukan jalannya organisasi koperasi sebagaimana yang diharapkan oleh anggota koperasi.
Pengawas telah berupaya memenuhi harapan anggota dalam melaksanakan tugas pengawasan, namun disadari masih ada kekurangan-kekurangan dan kelemahan disana-sini, karena itu kami mohon maaf.
Akhirnya selamat ber-RAT untuk Tutup Buku Tahun 2013 semoga kedepan KPRI “Sejahtera Deppen” berjalan lancar dan sukses menuju tercapainya peningkatan kesejahteraan anggota.



Bojonegoro,      Pebruari  2014

Pengawas KP-RI “Sejahtera Deppen”
Bojonegoro


i
DAFTAR  ISI

KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI                
I.    PENDAHULUAN  
II.   HASIL PENGAWASAN
A. BIDANG ORGANISASI
1. Keanggotaan   
2. Kepengurusan
B. BIDANG ADMINISTRASI  
1. Administrasi Organisasi
2. Administrasi Pembukuan
C. BIDANG USAHA
C.1. AKTIVITAS USAHA
1. Pertokoan
2. Pemberian Pinjaman/pelayanan kredit pada Anggota
3. Usaha Penjualan Pulsa
4. Penyertaan
C.2. KONDISI DAN KENDALA USAHA
C.3. HASIL USAHA
1.  Hasil Usaha Induk
     2. Hasil Usaha USP
     3. Jumlah Hasil Usah
D. BIDANG KEUANGAN
1. Sistem Pembukuan
2. Laporan Keuangan 
3. Analisa Laporan Keuangan 
III.  LAMPIRAN-LAMPIRAN :
a. Neraca
b. Rugi / Laba
c. Berita Acara Kas Opname ( Triwulan I, II, III dan IV )
IV. PENUTUP


ii


LAPORAN KERJA PENGAWAS
KP-RI “SEJAHTERA DEPPEN” DINAS KOMINFO KAB. BOJONEGORO
PADA RAPAT ANGGOTA TAHUNAN TAHUN BUKU 2013


I.  PENDAHULUAN
Berdasarkan  Bab VIII Pasal 21 ayat (2) Anggaran Dasar serta Pasal 10 ayat (7) Anggaran Rumah Tangga KP-RI “Sejahtera Deppen” serta Rencana Kerja Pengawas Tahun 2013, Pengawas telah mengadakan pengawasan/pemeriksaan dan penelitian sampai dengan Triwulan Keempat dalam tahun 2013.
Adapun sasaran pengawasan (pemeriksaan) dan penelitian meliputi :
a. Bidang Organisasi
b. Bidang Administrasi
c. Bidang Usaha
d. Bidang Keuangan

II. HASIL PENGAWASAN / PEMERIKSAAN DAN PENELITIAN

A. Bidang Organisasi

1. Keanggotaan
a. Jumlah Anggota    :  91 orang
b. Jumlah Simpanan Anggota s.d. Desember 2013 :
- Simpanan Pokok                        :  Rp      4.310.000,-
- Simpanan Wajib             :  Rp  375.161.099,-
                 Jumlah                Rp  379.471.099,-

2. Kepengurusan
1.1.  Susunan Pengurus :
Komposisi dan susunan Pengurus  merupakan hasil pemilihan Keputusan Rapat Anggota pada Rapat Anggota Tahunan tanggal 18 Pebruari 2012, bertempat di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro. Untuk tahun buku 2013 ini merupakan tahun kedua dalam menjalani masa bakti pada masa kepengurusan  dengan periode selama 3 (tiga) tahun yakni 2012 – 2014.


1

Komposisi personalianya masih tetap adalah sebagai berikut :
- Nur Hariyanto E.S., M.Si.                     :  Ketua I
- Drs Musdar                                          :  Ketua II
- Sunarini, S.H.                                       :  Sekretaris I
- Dra. Sri Wahyuniariwati,                       :  Bendahara  I
- Sri Dhandhan WD                                :  Bendahara  II
- Soekono, S.H                                       :  Pengurus Pleno I
-  Fatmawati, SH                                     :  Pengurus Pleno II

2.2. Susunan Pengawas :
- M. Hasyim Ludfi, S.Ip               :  masa bakti 2012 - 2014
- Drs. A l w i                                :  masa bakti 2011 – 2013
Jumlah Pengawas berdasarkan Keputusan Rapat Anggota ditetapkan berjumlah 2 (dua) orang. Adapun hingga akhir tahun buku 2013, seorang pengawas berakhir masa baktinya, sehingga dalam forum Rapat Anggota sekarang ini perlu memilih dan menetapkan kembali untuk seorang pengawas masa bakti 2014 s.d. 2016.
                
2.3. Karyawan :
          Jumlah Karyawan Koperasi, sebanyak 2 (dua) orang:
       - Riasatul Umami 
       - Uswatun Chasanah     
Dalam pelaksanaan tugasnya masing-masing :
        - Riasatul Umami, bertugas pada pelayanan usaha pertokoan, administrasi pembukuan induk, tata kesekretariatan dan lain-lain tugas aktivitas perkoperasian yang ditugaskan oleh pengurus.
        -  Uswatun Chasanah, bertugas pada pelayanan USP, administrasi pembukuan USP, tata usaha kearsipan dan agenda rapat-rapat pengurus serta tugas tugas lainnya yang diperintahkan oleh pengurus.

2.4. Rapat Pengurus dan Pengawas :
       Rapat Pengurus dan Pengawas selama tahun buku 2013 disamping secara rutin tiap bulan juga dilakukan secara insidentil sesuai attensinya.


2
       Pokok agenda dalam pelaksanaan Rapat – Rapat meliputi :
- Pembahasan Rencana dan  Realisasi  bulanan aktivitas usaha
- Pembahasan persiapan dan pelaksanaan  Rapat Anggota Rencana    
Kerja dan RAT
- Pembahasan agenda tentang surat-surat masuk dan surat-surat keluar
- Pembahasan pengembangan usaha, permasalahan piutang, kelancaran dan ketertiban pelayanan terkait hak dan kewajiban anggota
- Pembahasan manajement dan pengelolaan usaha koperasi.

B. Bidang Administrasi


1. Administrasi Organisasi
a. Buku Pokok 18 buah, ada (tertib)
b. Buku Penunjang 7 buah ada dan tertib  :
2. Administrasi Pembukuan
a. Bukti-bukti Pembukuan     : ada dan tertib
b. Buku Harian                                  : ada dan tertib
c. Buku Besar                                    : ada dan tertib

C. Bidang Usaha

           C.1. AKTIVITAS USAHA

Usaha yang dilakukan oleh KP-RI “Sejahtera Deppen” sebagai upaya pengembangan koperasi dan pemenuhan pelayanan kepada anggota meliputi :
1.  Pertokoan
Usaha ini disamping menyediakan bahan kebutuhan sehari-hari misalnya : beras, gula, kopi bubuk, minyak goreng, sabun, rokok, dan barang unilever lainnya, juga penjualan barang-barang khusus sesuai kebutuhan anggota. Selama Tahun Buku 2013 dari omset penjualan barang toko mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 6.547.741,-

2.  Pemberian Pinjaman / Pelayanan Kredit   pada Anggota
Pinjaman ini meliputi :
a.      Pinjaman Jangka Panjang, yaitu pinjaman uang yang dijalankan oleh Unit Usaha “USP yang besar pinjaman maksimum sudah bisa maksimal sebesar Rp 15.000.000,- suku bunga tetap 1,5% perbulan dengan jangka waktu 6, 10, 12, 18, 20, 24, 30, 36, 40, 48, 50 dan 60  bulan.

3
 Usaha Unit Simpan Pinjam (USP) ini selama Tahun Buku 2013 terdapat      
 perputaran atau omset pemberian pinjaman yang besarnya sebagai         
 berikut :
-       Saldo awal piutang pada anggota                           : Rp. 382.824.294,-
-       Realisasi pinjaman selama 1 tahun dalam th 2013 : Rp. 406.986.900,-  
-       Jumlah realisasi piutang dalam tahun 2013            : Rp. 789.811.194,-
-       Angsuran pinjaman dalam I tahun                           : Rp. 349.911.800,-
-       Saldo akhir piutang pada anggota                           : Rp. 439.899.394,-

 Dari perputaran pemberian pinjaman USP pada anggota didapat pendapatan bunga sebesar Rp. 98.966.300,- . Dari jumlah pendapatan bunga tersebut dikontribusikan pada induk sebagai kompensasi pendapatan induk sebesar Rp. 12.500.000,-. Sehingga dengan demikian , perhitungan riil sebagai pendapatan Bunga usaha USP menjadi sebesar Rp 86.466.300,-

b.     Pemberian Pinjaman/kredit  Khusus pada anggota; hal ini merupakan layanan penjualan kredit barang khusus sesuai permintaan anggota.
selama Tahun Buku 2013 Usaha ini mendapat keuntungan dengan   perhitungan sebagai berikut :
Penjualan barang khusus        Rp. 124.390.000,- dikurangi potongan penjualan karena adanya pelunasan sebelum jatuh tempo kredit sebesar Rp. 2.815.000,- maka besarnya penjualan menjadi sebesar    Rp. 121.575.000,-Dari jumlah penjualan dikurangi besarnya Harga Pokok Penjualan (HPP) Rp. 108.000.000,- maka diperoleh laba kotor penjualan sebesar Rp. 13.575.000,-

c.     Pemberian Pinjaman Insidentil (Sebrakan) :
-      Saldo awal pinjaman insidentil                     : Rp.  1.430.000,-
-      Realisasi pinjaman 1 tahun dalam th 2013  :  Rp.15.000.000,-
                                                                    --------------------------
                           Jumlah                              Rp.16.430.000,-
-      Pembayaran pinjaman dalam 1 tahun             Rp.  9.230.000,-
                                                              --------------------------
                        Jumlah/saldo pinjaman                                    Rp.  7.200.000,-

4

3.  Usaha Penjualan Pulsa
Usaha penjualan pulsa   selama tahun buku 2013 mendapat   keuntungan sebesar Rp 4.048.704,-.
Perhitungan keuntungan dari besar omset penjualan Rp. 49.299.600,- dikurangi harga pokok penjualan (HPP) Rp. 45.250.896,-

4.  Penyertaan
     KPRI “Sejahtera Deppen” memiliki modal penyertaan pada Unit Simpan Pinjam (USP). USP pengelolaan dan administrasi keuangannya dilakukan secara terpisah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
     Perkembangan modal penyertaan pada USP dalam 3 tahun terakhir:
No.
Jenis Penyertaan
TH. 2011
TH 2012
TH 2013
1
Modal Tetap
18.000.000,-
18.000.000,-
18.000.000,-
2
ModalTetap Tambahan
248.636.676.-
290.870.801,-
325.497.731,-
3
J u m l ah
266.636.676,-
308.870.801,-
343.497.731,-

C. 2. Kondisi dan kendala usaha.
Secara umum perkembangan usaha KPRI “Sejahtera Deppen” masih berjalan secara baik, tumbuh dan berkembang.
Beberapa kendala yang dialami, masih merupakan permasalahan klasik yaitu masih terdapatnya ketidak lancaran pembayaran pinjaman (hutang anggota) dari sebagian kecil para debitur.
Sedangkan terhadap piutang WB (Piutang Warta Bojonegoro) masih dilakukan penghapusan dengan dasar Keputusan Rapat Anggota yaitu dari Dana Cadangan yang besarnya penghapusan setiap tahunnya   dari dana cadangan Induk  sebesar Rp. 500.000,- dan  dari dana cadangan Unit Simpan Pinjam sebesar Rp. 1.000.000,-
Hingga saat ini Jumlah Piutang Warta Bojonegoro masih sebesar :
-      Pada neraca Induk                      = Rp. 3.880.000,-
-      Pada neraca USP                        = Rp. 4.035.000,-
                                                     -----------------------
-      Jumlah seluruhnya   sebesar         Rp. 7.915.000,-


5

C.3.  Hasil Usaha
Rekapitulasi Hasil Usaha untuk perbandingan dalam 3 tahun terakhir :
a.      Hasil Usaha Induk
No.
URAIAN
TH. 2011
TH. 2012
TH. 2013
1
Jumlah Pendapatan
48.352.524,-
47.748.556,-
51.637.954,-
2
Jumlah Beban
17.025.334,-
16.077.340,-
19.910.400,-
3
 (SHU)
31.327.190,-
31.671.216,-
31.727.554,-

b.      Hasil Usaha USP.
No.
URAIAN
TH. 2011
TH. 2012
TH. 2013
1
Jumlah Pendapatan
83.822.500,-
87.883.200,-
86.700.300,-
2
Jumlah Beban
43.930.000,-
55.222.000,-
62.852.500,-
3
 (SHU)
39.892.500,-
32.661.200,-
23.847.800,-

c.       Jumlah Hasil Usaha (SHU) Induk dan USP.
No.
URAIAN
TH. 2011
TH. 2012
TH. 2013
1
S H U Induk
31.327.190,-
31.671.216,-
31.727.554,-
2
S H U - USP
39.892.500,-
32.661.200,-
23.847.800,-
3
Jumlah (SHU)
71.219.690,-
64.332.416,-
55.575.354,-


D.      Bidang Keuangan

         1. Sistem Pembukuan
         Pembukuan dikerjakan secara sistem Akuntansi :
         a. Bukti Pembukuan terdiri dari :
             - Bukti Kas Masuk, ada dan tertib
             - Bukti Kas Keluar, ada dan tertib
             - Bukti Penjualan, ada dan tertib
             - Bukti Pembelian, ada dan tertib
             - Bukti Umum, ada tidak tertib




6

b. Buku Jurnal terdiri dari :
      - Jurnal Kas Masuk, ada dan tertib
 - Jurnal Kas Keluar, ada dan tertib
      - Jurnal Penjualan, ada dan tertib
      - Jurnal Pembelian, tidak ada
 - Jurnal Umum, ada dan tertib

c.  Buku Besar (Kartu Buku Besar)
Buku Besar ada dan tertib dengan sistem nama perkiraan / rekening serta nomor rekening sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang dikeluarkan oleh PKP-RI.

d. Buku Pembantu terdiri dari :
- Buku Kasir / Buku Daftar Kas, ada dan tertib
- Buku Angsuran Piutang, ada dan tertib
- Buku Simpanan Anggota, ada dan tertib
- Buku / Kartu Persediaan Barang, ada dan tertib

2. Laporan Keuangan
- Neraca Perbandingan tahun 2013 dan 2012, terlampir.
- Perhitungan Hasil Usaha, terlampir.

3. Analisa Laporan Keuangan
Dalam menganalisa keuangan, Pengawas KP-RI “Sejahtera Deppen” Bojonegoro, menggunakan analisa :

           a. Penilian Likwiditas (Likwiditas Ratio)
Kemampuan dalam melunasi Hutang jangka pendek bila telah jatuh tempo.
Harta Lancar        Rp. 627.099.082,-
---------------          ------------------------      =   4,61            (  4 : 1 )
Hutang Lancar      Rp. 136.027.030,-
Standar Normal = 2 : 1
KP-RI “Sejahtera Deppen” sangat lancar dalam melunasi hutang-hutangnya.



7

           b. Penilaian Solvabilitas (Leverag Ratio)
     Kemampuan membayar hutang jangka pendek maupun jangka panjang bila jatuh tempo.

     Jumlah seluruh hutang                 Rp. 136.246.489,-
     ------------------------------               ------------------------       = 0,21     ( 2 : 10 )
     Jumlah seluruh harta                   Rp. 641.835.330,-
     Standar Normal =  8 : 10
     KP-RI “Sejahtera Deppen” sangat mampu membayar hutang jangka pendek maupun jangka panjang.

           c.1   Penilaian Rentabilitas (Probability Ratio)
     Kemampuan memperoleh keuntungan.

     Laba kotor                                    Rp.  51.637.954,-
     -------------   x 100%          ---------------------      x 100%  =   22,19  %
     Penjualan                         Rp.232.689.600,-

     Standar Normal  10 % sampai dengan 20 %
c.2    Rentabilitas Modal sendiri ( Laba bersih dibanding Modal sendiri )

      Laba Bersih                        Rp.   31.727.554,-
    ---------------------- x 100 %    -------------------------- x 100 %  =   6,69 %
     Modal sendiri                       Rp. 473.861.287,-

     KP-RI “Sejahtera Deppen” mampu memperoleh keuntungan dengan baik.










8


IV. P E N U T U P


A.      KESIMPULAN
-      Pelaksanaan tugas  roda organisasi dan pengelolaan usaha koperasi KPRI “SEJAHTERA DEPPEN” secara umum telah berjalan dengan baik, tertib  dengan jalinan kerja sama antar anggota pengurus dan juga dengan pengawas serta  dengan karyawan koperasi sesuai dengan pembagian bidang tugasnya masing-masing.
-      Perkembangan dan kemajuan koperasi KPRI “SEJAHTERA DEPPEN” menunjuk kan adanya kemajuan yang positif, namun memang tidak dapat dihindari adanya kekurangan dan permasalahan-permasalahan yang masih merupakan hambatan dan tantangan.
-      Dengan dikeluarkannya UU No. 17 Tahun 2012, tentang Perkoperasian, maka hal ini dalam kurun waktu transisi menjadi persoalan tersendiri bagi pengurus dalam kaitannya untuk mengambil kebijakan pengelolaan usaha dan organisasi koperasi; yang mana sementara dalam melaksanakan kebijakan keorganisasian dan kebijakan  usaha  berdasar dan berpedoman pada Anggaran dasar yang masih tetap berlaku hingga pada sa’atnya harus disesuaikan dengan ketentuan UU No.17 Tahun 2012.

B.      SARAN DAN REKOMENDASI
-      Untuk menunjang kelancaran tugas dan tanggung jawab pengurus, maka perlu dilakukan upaya peningkatan kinerja Karyawan dengan bimbingan dan pembinaan yang dilakukan secara terus menerus oleh pihak pengurus.
-      Perlu lebih meningkatkan upaya Sistem Pengendalian Intern (SPI) sebagai langkah kebijakan yang harus direalisasikan oleh Pengurus, diantaranya dalam hal penyelesaian administrasi keuangan / akuntansi keuangan yang pengerjaannya oleh karyawan.

C.     PENUTUP
Demikian laporan Pengawas untuk tahun buku 2013 yang disampaikan kepada anggota sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepengawasan. Untuk hal ini pengawas menyadari terhadap adanya kekurangan dan ketidak sempurnaan dalam penyajiannya, sehingga  wajar jika kurang memenuhi harapan kepuasan bagi anggota.

 Kepada pengurus, karyawan maupun pihak lain yang telah membantu dalam bentuk kemudahan, kerjasama disampaikan terima kasih.

Akhirnya mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kekhilafan Pengawas, semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa selalu memberi petunjuk dan bimbingan kepada kita semua.

Selamat ber-RAT

9

2 komentar:

ngenet bisa kumpulin duit lho, ayo klik ini